PENGEMBANGAN TRAINER PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA PADA KELAS TEI DI SMKN 1 JABON

  • Bima Arifudin Budiman
  • Eppy Yundra
Keywords: Validitas, Efektifitas, Trainer, Jobsheet

Abstract

Penelitian ini didasari dari permasalahan yang ada di sekolah, terkadang pembelajaran di sekolah masih mengalami keterlambatan, sehingga ada beberapa materi yang belum disampaikan sedangkan waktu pembelajaran untuk satu semester akan habis, oleh karenanya diperlukan media pembelajaran yang bias membantu guru dalam menyelesaikan meteri tepat waktu dan membantu siswa memahami materi yang diajarkan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari (1) Tahap Analisis (2) Tahap Desain; (3) Tahap Pengembangan; (4) Tahap Penerapan; dan (5) Tahap Revisi. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas X TEI SMK Negeri 1 Jabon, dengan jumlah responden 34 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari validasi yang dilakukan oleh 2 Dosen UNESA jurusan teknik elektro dan 1 guru SMKN1 Jabon, hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui tingkat keefektifan media, dan angket respons siswa untuk menggetahui kepraktisan media yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan didapatkan kevalidan trainer sebesar 84% yang dikategorikan sangat valid, jobsheet sebesar 80% yang dikategorikan valid, RPP sebesar 83% yang dikategorikan sangat valid, dan butir soal sebesar 70% yang dikategorikan valid, Keefektifan produk didapatkan dari nilai akhir dengan rata-rata sebesar 80,55, nilai akhir ini diolah secara statistik menggunakan uji binomial, dimana hasilnya adalah terima H1 yang berarti nilai akhir siswa lebih besar dari nilai KKM, dimana nilai akhir siswa yang melebihi KKM lebih dari 90%, maka dapat disimpulkan media yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar efektif, Kepraktisan ini dapat dilihat dari hasil angket respons siswa dengan rata-rata sebesar 85% yang dapat dikategorikan sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga dapat disimpulkan produk trainer penerapan rangkaian elektronika dikatakan layak untuk digunakan sebagai penunjang praktikum peserta didik pada mata pelajaran Perencanaan Rangkaian Elektronika.

Published
2020-09-01