STUDI LITERATUR MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI

  • Rosananda Arnas Pradana
  • Agus Budi Santosa
Keywords: media pembelajaran flash card, siswa, hasil belajar

Abstract

Latar belakang pendidikan yang ada di SMK kebanyakan media yang digunakan menggunakan media buku LKS atau buku paket dengan menggunakan metode ceramah tanpa variasi dan kurang memanfaatkan penggunaan media dalam menjelaskan materi pelajaran. Hal ini dapat menurunkan minat siswa dalam pembelajaran, siswa menjadi kurang antusias sehingga materi yang disampaikan kurang dipahami yang mengakibatkan hasil belajar menjadi menurun. Hal ini diperlukan adanya sebuah media yang mampu menarik minat dan antusias siswa dalam berlangsungnya proses belajar agar dapat memahami materi yang disampaikan sehingga hasil belajar dapat meningkat. Salah satu media pembelajaran yang mampu menarik minat dan antusias siswa dalam berlangsungnya proses belajar agar meningkatkan fokus dan dapat memahami materi yang disampaikan sehingga hasil belajar dapat meningkat adalah media pembelajaran flash card. Media flash card adalah media berupa kartu yang berisi tentang materi pembelajaran. Media sederhana yang sangat mudah dalam pembuatanya, tidak membutuhan keahlian khusus, jadi siapa saja dapat membuatnya dan tidak membutuhkan tenaga listrik sehingga media flash card ini bisa dilakukan dimana saja. Pengertian flash card menurut menurut Azhar Arsyad (2011:119) flash card merupakan kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atas menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu. Flash card biasanya berukuran 8 x 12 cm, atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi. Kesimpulan dari artikel ini adalah dengan media pembelajaran flash card dapat
menarik minat dan menambah daya ingat siswa dalam berlangsungnya pembelajaran sehingga ilmu yang diajarkan bisa diserap dengan baik dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2020-09-01