MEDIA E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v9n03.p605-610Keywords:
Hasil Belajar, Media E-Learning, Google ClassroomAbstract
Perkembangan teknologi pada abad 21 semakin pesat dan membawa pengaruh positif terhadap
perkembangan dunia pendidikan. Salah satu pengaruh positif teknologi sebagai penunjang
pendidikan yaitu pemanfaatan media e-learning berbasis Google Classroom sebagai media
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media e-learning berbasis Google Classroom
yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Metode pencarian data penelitian menggunakan
literature review, yaitu penelusuran artikel penelitian ilmiah dari tahun 2016-2020 dengan
menggunakan database Google Scholar dan sudah melalui tahap identification, screening, dan
eligibility melalui kriteria inklusi dan ekslusi, sehingga didapatkan 6 artikel yang memenuhi
kriteria inklusi. Berdasarkan penelitian yang memenuhi kriteria inklusi, model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian
didapatkan hasil nilai rata-rata kelas dari 63 meningkat menjadi 81,8, sementara dari data lain
diperoleh hasil 72,9 meningkat menjadi 85,5, sehingga terjadi peningkatan sebesar 12-19, dari data
tersebut dapat dinyatakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data tersebut
dapat disimpulkan bahwa media e-learning berbasis Google Classroom dapat meningkatkan hasil
belajar siswa SMK.