MEDIA E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Authors

  • Hisyam Surya Su’uga
  • Euis Ismayati
  • Achmad Imam Agung
  • Tri Rijanto

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v9n03.p605-610

Keywords:

Hasil Belajar, Media E-Learning, Google Classroom

Abstract

Perkembangan teknologi pada abad 21 semakin pesat dan membawa pengaruh positif terhadap
perkembangan dunia pendidikan. Salah satu pengaruh positif teknologi sebagai penunjang
pendidikan yaitu pemanfaatan media e-learning berbasis Google Classroom sebagai media
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media e-learning berbasis Google Classroom
yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Metode pencarian data penelitian menggunakan
literature review, yaitu penelusuran artikel penelitian ilmiah dari tahun 2016-2020 dengan
menggunakan database Google Scholar dan sudah melalui tahap identification, screening, dan
eligibility
melalui kriteria inklusi dan ekslusi, sehingga didapatkan 6 artikel yang memenuhi
kriteria inklusi. Berdasarkan penelitian yang memenuhi kriteria inklusi, model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian
didapatkan hasil nilai rata-rata kelas dari 63 meningkat menjadi 81,8, sementara dari data lain
diperoleh hasil 72,9 meningkat menjadi 85,5, sehingga terjadi peningkatan sebesar 12-19, dari data
tersebut dapat dinyatakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data tersebut
dapat disimpulkan bahwa media e-learning berbasis Google Classroom dapat meningkatkan hasil
belajar siswa SMK.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). MEDIA E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(03), 605–610. https://doi.org/10.26740/jpte.v9n03.p605-610
Abstract views: 385 , PDF Downloads: 7388