MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran elektronik berbasis edmodo yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Metode penelurusan data berupa artikel menggunakan literature review, yaitu penelusuran artikel penilitian ilmiah dari tahun 2016-2020 dengan menggunakan database Eric Jurnal dan Google Scholar. Penelitian ini mengikuti model pengembangan 4D (Define, Design, Develope and Disseminate). Berdasarkan data yang diperoleh dari beberapa literature didapatkan hasil nilai dari 66,79 menjadi 80,10, selain itu dari data lainya diperoleh nilai 69 menjadi 88,12 sehingga terjadi peningkatan nilai terhadap hasil belajar siswa sebesar 13-19 setelah menggunakan media elektronik berbasis edmodo. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media elektronik berbasis edmodo mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMK, sehingga layak digunakan sebagai media penunjang pada proses pembelajaran.
PDF Downloads: 433