PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR

  • Erlina Damayanti
  • Agus Budi Santosa
  • Muhamad Syariffuddien Zuhrie
  • Puput Wanarti Rusimamto
Keywords: multimedia interaktif, hasil belajar, gaya belajar

Abstract

Penggunaan media pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik disekolah. Media pembelajaran dapat membangkitkan motivasi belajar, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menarik. Perkembangan teknologi seperti saat ini menjadi faktor penting dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, khususnya media pembelajaran berbasis multimedia. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif merupakan sarana media yang didalammya terdapat kombinasi antara teks, animasi, grafik, video, dan suara. Penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar, tentunya dengan menyesuaikan karakteristik gaya belajar siswa diantaranya adalah visual, auditorial, dan kinestetik. Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa. Metode yang digunakan dalam studi literatur ini diperoleh dari hasil penelusuran artikel penelitian yang relevan dari rentang tahun 2012-2018 dengan menggunakan database Google Schoolar. Pencarian database ditemukan sebanyak 8.640 artikel. Dari 8.640 artikel yang ditemukan dilakukan identification, screening, dan eligibility melalui kriteria inkusi dan eksklusi, sehingga terpilih menjadi 5 artikel yang relevan dengan tujuan studi literatur. Hasil studi literatur ini menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran di SMK dinilai efektif ditinjau dari hasil belajar siswa yang meningkat sesuai dengan karakteristik gaya belajar peserta didik.

Published
2020-09-01
How to Cite
Damayanti, E., Santosa, A., Zuhrie, M., & Rusimamto, P. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(03), 639-645. https://doi.org/10.26740/jpte.v9n03.p639-645
Abstract Views: 1966
PDF Downloads: 1704