ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR (EKTS) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK

  • Fuad Arsyad
  • Munoto -
  • Ismet Basuki
  • Euis Ismayati
Keywords: Instalasi Motor Listrik, Hasil Belajar, Software EKTS

Abstract

Instalasi motor listrik merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dimengerti peserta didik SMK. Kualitas proses pembelajaran akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Analisis penggunaan media pembelajaran berbasis software Electrical Control Techniques Simulator (EKTS) ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media EKTS dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan studi literarur dengan mengumpulkan beberapa teori terkait untuk mendapatkan jawaban atau simpulan secara teoritis, kemudian ditunjang dengan data sekunder terutama data kualitatif untuk mendapatkan kesimpulan mengenai pengaruh atau manfaat penggunaan EKTS dalam peningkatan hasil belajar siswa SMK. Hasilnya menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis simulator EKTS efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada pelajaran instalasi motor listrik sebesar 96,6.

Published
2020-09-01