KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENUNJANG E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK

  • Kiki Ayu Faradayanti
  • Endryansyah -
  • Joko -
  • Achmad Imam Agung
Keywords: E-learning, web based learning, media pembelajaran

Abstract

E-learning merupakan salah satu pemanfaatan perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan. Melalui e-learning, peserta didik memiliki pilihan variasi pembelajaran yang tidak terbatas pada buku maupun pembelajaran langsung dalam kelas. Salah satu bentuk dari e-learning adalah web based learning atau courseware yang merupakan pembelajaran yang materi maupun cara penyampaiannya melalui server web dan peserta didik bisa mengaksesnya dari platform pembelajaran online atau CD-ROM. Untuk menunjang dan memaksimalkan e-learning berbasis web, dibutuhkan komponen-kompoonen pembelajaran lain supaya peserta didik terbantu dalam mempelajari materi yang akan disampaikan. Salah satu komponen tersebut adalah media pembelajaran yang merupakan segala macam format perantara yang dimanfaatkan oleh manusia untuk menyebarluaskan gagasan, ide, atau pendapat sehingga dapat tersampaikan kepada penerima yang dituju. Penelitian studi literatur ini memiliki tujuan untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis web untuk menunjang e-learning pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (IML) di SMK. Penelitian studi literatur dilakukan terhadap jurnal, artikel dan buku sebagai referensi. Kepraktisan media pembelajaran berbasis web untuk menunjang e-learning mendapat penilaian respon dengan rata-rata hasil rating sebesar 87,88% sehingga mendapat kategori “Sangat Praktis” dengan fokus aspek yang memengaruhi kepraktisan tersebut adalah (1) daya tarik media, (2) kesesuaian konten, dan (3) kualitas media. Melalui hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis web sangat praktis digunakan dalam e-learning pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik.

Published
2020-09-01