STUDI LITERATUR: ANALISIS PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK TEKNIK TENAGA LISTRIK DI SMK

  • Ade Dwi Febriyanto
  • Tri Rijanto Rijanto
  • Munoto -
  • Ismet Basuki
Keywords: Gaya Belajar, Keterampilan Pemecahan Masalah, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Gaya belajar itu penting, karena dengan gaya belajar yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik dapat mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah umumnya peserta didik kompetensi keahlian teknik tenaga listrik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuan artikel studi literatur ini untuk memperoleh informasi gaya belajar dimiliki peserta didik di SMK dan seberapa besar pengaruh gaya belajar terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik di SMK. Artikel penelitian diperoleh dari penelusuran rentang tahun 2011-2019 diakses melalui Google Scholar dan IOP Science. Diperoleh 1008 artikel telah melalui proses uji identification, dan screening didapatkan 22 artikel, kemudian dilakukan eliglibility didapatkan 10 artikel yang sesuai kriteria untuk dianalisis. Hasil dari 10 artikel penelitian ilmiah menunjukkan bahwa dari 7 artikel lebih dominan gaya belajar kinestetik dengan rata-rata 40,9% sehingga mayoritas peserta didik SMK belajar dengan alat peraga dan praktikum. Dari 9 artikel terbukti adanya pengaruh gaya belajar terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMK dengan kontribusi rata-rata 23,45% sehingga semakin baik gaya belajar peserta didik, semakin baik pula keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

Published
2020-10-12