KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA UNTUK SISWA SMK

  • Monita Diah Oktariandi
  • Nur Kholis
Keywords: media pembelajaran, kepraktisan, keefektifan

Abstract

Kemajuan Teknologi akhir-akhir ini sangat mempengaruhi dalam semua aspek kehidupan, termasuk dalam ilmu pendidikan. Menggabungkan teknologi ke dalam ranah pembelajaran bukan lagi tantangan baru bagi aspek pendidikan khususnya bagi lingkup universitas. Kondisi tersebut disebabkan karena penggunaan komputer yang semakin marak dalam segala aspek kehidupan terutama bagi lingkup pendidikan. Media berbasis komputer memadukan beragam jenis media baik itu ditujukan bagi pembelajaran ataupun bukan. Dalam lingkup pembelajaran, aplikasi komputer biasa dikenal dengan pembelajaran berbasis komputer atau dalam istilahnya disebut Computer Assisted Instruction (CAI). CAI pada umumnya mengacu pada segala sesuatu yang bisa diakses dari komputer pada software pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis komputer untuk siswa SMK . Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dari beberapa sumber seperti referensi jurnal dan artikel serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer sangat praktis dilihat dari angket respon siswa mendapatkan persentasi rata-rata sebesar 87,80%. Keefektifan media pembelajaran berbasis komputer ditinjau dari hasil belajarĀ  mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,77. Sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa dinyatakan sangat efektif.

Published
2020-10-12