KAJIAN LITERATUR PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN MEDIA GAME RPG (ROLE PLAYING GAME) PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DAYA DAN KOMUNIKASI

  • Muhammad Nizam Abdillah Al-Qorni
  • Agus Budi Santosa
Keywords: Pembelajaran Berbasis Komputer, Role Playing Game

Abstract

Ide penulisan artikel ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilaksanakan di SMKN 5 Surabaya yang menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam proses belajar mengajar yaitu banyaknya siswa yang mendapatkan hasil belajar kurang dari KKM untuk mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Daya dan Komunikasi sehingga sering diadakan remidial untuk mencapai KKM. Oleh karena itu, artikel ini ditulis untuk menjelaskan media pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan hasil belajar, minat dan motivasi siswa pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Daya dan Komunikasi. Media pembelajaran adalah seperangkat alat bantu yang dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh guru dalam menyampaikan materi kepada siswa atau peserta didik sehingga tercipta proses belajar yang efektif dan efisien. RPG adalah sebuah genre game dimana pemain berperan sebagai orang lain untuk tugas dan tujuan tertentu. Belum ada penerapan media pembelajaran game RPG untuk mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Daya dan Komunikasi. Selain itu, game RPG ini memiliki kelebihan daripada game RPG lainnya dikarenakan kemudahannya dalam bermain dan pemain tidak akan bosan dengan level yang ada di dalam game. Ketika siswa sudah mendapatkan materi lewat media pembelajaran berbasis komputer dengan media game RPG, siswa dimungkinkan mampu mendapatkan nilai tes hasil belajar dengan lebih baik, lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Daya dan Komunikasi.

Published
2020-10-22