PENGEMBANGAN TRAINER PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK MOTOR LISTRIK AC 3 FASA SEBAGAI MEDIA PRAKTIKUM

  • Laksamana Suryasantausa Hariyadi
  • Joko Joko

Abstract

Media dalam hal pembelajaran pada dunia pendidikan merupakan sebuah perantara agar dapat memberitahukan pemahaman terhadap penerima pada saat melakukan pembelajaran agar bisa mendapatkan pemahaman, keahlian, dan nilai-nilai positif. Pemanfaatan media merupakan bagian yang harus mendapat perhatian dari tenaga pendidik untuk setiap aktivitas belajar mengajar. Tampilan dari media trainer akan memperjelas sajian ide, menggambarkan fakta yang bisa cepat di lupakan ketika tidak di visualkan. Trainer ditujukan supaya dapat menunjang pembelajaran siswa dalam menerapkan pemahaman atau konsep yang diperoleh benda nyata. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dari penelusuran artikel penelitian ilmiah dengan mengambil data jurnal penelitian mahasiswa S1 yang sudah melakukan mengambil teknik pengumpulkan data. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan (kevalidan, kepraktisan, keefektifan) pembelajaran menggunakan media pengembangan trainer pengendali elektromagnetik ditinjau dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada aspek validitas dinyatakan sangat valid dengan rerata 85,11%, aspek dari segi kepraktisan yang ditinjau dari respon peserta didik dengan rerata 86,49% atau pada kategori sangat praktis, terdapat peningkatan yang cukup signifikan dari hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media trainer pengendali elektromagnetik untuk kategori sangat efektif dengan rerata 86,43%. Berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan maka pengembangan media trainer pengendali elektromagnetik sebagai bahan ajar peserta didik sangat layak dengan rerata total 86,01%. Sehingga dapat dipergunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

-
Published
2021-01-04
How to Cite
Hariyadi, L., & Joko, J. (2021). PENGEMBANGAN TRAINER PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK MOTOR LISTRIK AC 3 FASA SEBAGAI MEDIA PRAKTIKUM. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(01), 1-7. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n01.p1-7
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 191