STUDI LITERATUR EDUGAME RPG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

  • Mochamad Nur Putra Setiawan
  • Agus Budi Santosa

Abstract

Studi literatur ini dilatar belakangi oleh teknologi informasi yang berkembang pesat sehingga mempengaruhi perilaku siswa menjadi sering bermain game hingga dapat menjadikan kecanduan. Akibatnya orang tua dan guru menganggap game memiliki pengaruh negatif terhadap perkembangan siswa padahal juga terdapat pengaruh positif dari game bila orang tua dan guru mampu mengarahkan. Tujuan studi literatur ini adalah (1) mengetahui penggunaan Edugame RPG dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) mengetahui manfaat Edugame RPG. Agar tujuan diatas tercapai, studi literatur ini menggunakan sumber penelitian yang relevan sebagai rujukan hasil belajar siswa yang menggunakan media Edugame RPG. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan menggunakan sumber data sekunder yang berupa 6 jurnal elektronik Unesa dengan tema game edukasi dan menggunakan metode analisis dokumen. Hasil studi literatur ini yaitu (1) penggunaan beberapa Kompetensi Dasar dari suatu mata pelajaran sebagai acuan pembuatan storyboard Edugame RPG dapat menarik minat belajar siswa karena adanya unsur audio, visual, gerak dan fitur AI (Artificial Intelligence) pada media Edugame RPG dibuktikan dari hasil penelitian yang relevan bahwa rata-rata hasil belajar siswa (post-test) lebih besar dari KKM; (2) dikutip pernyataan Kemp dan Dayton menjelaskan bahwa ada delapan manfaat media pembelajaran yang diperoleh guru dan siswa dengan menggunakan media pembelajaran Edugame RPG.

References

-
Published
2021-01-04
How to Cite
Setiawan, M., & Santosa, A. (2021). STUDI LITERATUR EDUGAME RPG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(01), 27-34. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n01.p27-34
Abstract Views: 307
PDF Downloads: 387