PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN LISTRIK 1 FASA PADA BANGUNAN GEDUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

  • Abdulla Abdulla
  • Tri Rijanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh trainer yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik 1 Fasa. Kelayakan trainer meliputi aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek keefektifan. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode research and development (R&D) (Sugiyono, 2015: 407) dimana tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi: (1) analisis potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk serta (7) analisis data dan pelaporan. Adapun hasil kelayakan media pembelajaran trainer instalasi penerangan listrik 1 fasa ini ditinjau dari tiga aspek, meliputi: (1) aspek kevalidan diperoleh dari hasil validasi media pembelajaran trainer instalasi penerangan listrik 1 fasa yang dilakukan oleh validator sebesar 3,2 dengan kriteria valid.; (2) aspek kepraktisan diperoleh dari hasil respon guru sebesar 0,844 serta respon siswa sebesar 0.970 dengan kriteria reliable atau dikatakan sangat praktis; dan (3) aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa di sekolah pada ranah pengetahuan pretest memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,888 dan hasil belajar ranah pengetahuan posttest memperoleh nilai rata-rata sebesar 8,322 dalam hal ini dapat dilihat adanya peningkatan ketercapaian hasil belajar siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran trainer instalasi penerangan listrik 1 fasa sangat layak digunakan dalam penelitian.

References

-
Published
2021-01-04
How to Cite
Abdulla, A., & Rijanto, T. (2021). PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN LISTRIK 1 FASA PADA BANGUNAN GEDUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(01), 57-64. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n01.p57-64
Abstract Views: 191
PDF Downloads: 103