ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK

  • Arief Dwiantoro
  • Ismet Basuki

Abstract

Kualitas proses pembelajaran akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Instalasi penerangan listrik termasuk mata pelajaran yang sulit dimengerti oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan studi literatur, mengumpulkan beberapa teori terkait untuk mendapatkan kesimpulan secara teoritis, kemudian ditunjang dengan data sekunder sejumlah 6 referensi dari jurnal tentang model PjBL pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa model PjBL mampu memberikan peningkatan hasil belajar. Jadi model PjBL ini baik untuk diterapkan dalam pembelajaran mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK. Adapun kelemahan pada model pembelajaran PjBL yaitu manakalanya siswa tidak memiliki niat atau tidak mempunyai kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan, maka mereka akan merasa enggan untuk mencobanya. Hal yang harus dilakukan oleh guru adalah guru hendaknya lebih meningkatkan pengawasan dan perhatian kepada seluruh siswa untuk berpikir lebih kreatif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Pada penerapan model PjBL perlu adanya perlakuan yang sama kepada seluruh siswa sehingga seluruh siswa memiliki kemampuan untuk dapat meningkatkan hasil belajarnya.

References

-
Published
2021-01-04
How to Cite
Dwiantoro, A., & Basuki, I. (2021). ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(01), 81-88. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n01.p81-88
Abstract Views: 961
PDF Downloads: 1134