KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DAN SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI LITERATUR)
Abstract
Salah satu cara meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing dalam sistem pembelajaran adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo dan schoology. Tujuan dari studi literatur ini: (1) mengetahui penggunaan media e-learning dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa; (2) mengetahui media e-learning yang paling efektif meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa. Studi literatur ini diperoleh dari artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2015-2020 dengan menggunakan Google Schoolar dengan kata kunci edmodo dan schoology. Setelah dilakukan identification, screening, dan egibility dari 151 artikel terdapat 8 artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan kajian literatur dan hasil penelitian yang relevan diperoleh kesimpulan: (1) penggunaan media e-learning mampu meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa dengan rerata skor 81,35 dengan nilai terendah 71,25 dan nilai tertinggi 91,454; (2) penggunaan media elearning berbasis schoology lebih efektif meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa dibandingkan edmodo dengan rerata skor 83,68 dengan nilai terendah 75,97 dan tertinggi 91,454.
References
PDF Downloads: 233