STUDI LITERATUR: META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS

  • Joko Prasetyo Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Inovasi pembelajaran merupakan titik sentral dalam menciptakan peserta didik yang berkompeten dan mampu bersaing dalam dunia kerja. Kebanyakan peserta didik menyukai adanya inovasi pembelajaran yang mengutamakan keaktifan dan keterlibatan peserta didik secara langsung dengan pengalaman khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan. Tujuan studi literatur ini adalah: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran PBP dalam meningkatkan kreativitas peserta didik, dan (2) mengetahui hambatan implementasi model pembelajaran berbasis proyek. Studi literatur ini diperoleh dari artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2015-2019 dengan menggunakan Google Schoolar dan mendapatkan 388 artikel dengan kata kunci pembelajaran berbasis proyek. 388 artikel tersebut dilakukan identification, screening, eliglibility sehingga didapat 9 (sembilan) artikel yang sesuai dengan tujuan studi literatur. Hasil analisis studi literatur menyimpulkan: (1) kreativitas peserta didik mengalami perbedaan signifikan sebelum dan setelah dilakukan pembelajaran berbasis proyek dengan rerata 78,56 %, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas peserta didik; (2) hambatan yang sering ditemukan dalam pembelajaran berbasis proyek 5 artikel menyebutkan pengondisian kelas oleh guru yang tidak optimal menjadikan penerapan pembelajaran tidak berjalan maksimal, 4 artikel lain menjelaskan penugasan yang tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan masih menjadi kendala yang sering ditemukan.

References

-
Published
2021-01-04
How to Cite
Prasetyo, J., & Rijanto, T. (2021). STUDI LITERATUR: META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(01), 89-95. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n01.p89-95
Abstract Views: 259
PDF Downloads: 255