PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 BOYOLANGU PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ( K3 )

  • Maria Ifa . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran konvensional pada mata diklat produktif. Pada model pembelajaran konvensional, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif dan mandiri. Model belajar seperti ini akan memberikan hasil belajar siswa kurang maksimal. Oleh karena itu metode pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, diharapkan siswa dapat menghadapi berbagai masalah dan dapat mencari pemecahan masalah atau solusi dari permasalahan itu. Sehingga, siswa tidak selalu bergantung lagi pada guru untuk belajar tetapi siswa dapat belajar sendiri untuk mengembangkan pola pikirnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X TEI di SMK Negeri 3 Boyolangu  pada standar kompetensi menerapkan keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) Jenis peneltian ini merupakan penelitian quasi eksperimen (Pretest Posttest Control Group Design) yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas X  TEI 1dan satu kelas kontrol yaitu kelas X TEI 2. Dimana kelas kontrol dalam proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan pre test sebelum memulai proses pembelajaran dan melakukan post test setelah melakukan proses pembelajaran. Tahapan yang terakhir adalah penyajian data dan laporan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 10.72 %, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional hasil belajar siswa hanya meningkat sebesar 8.8 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci :     Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil belajar

 

Abstract

The background of this research is still used conventional learning models in the eyes of productive training. In the conventional learning model, students are required to master the material less actively and independently. This learning model will give less than the maximum student learning outcomes. Therefore Type Jigsaw Cooperative learning methods, students are expected to face a variety of problems and find solutions to the problem or the solution of the problem. Thus, students do not always rely more on teachers to learn, but students can learn on their own to develop patterns of thought.

This study aimed to determine the effect of the application of cooperative learning model Jigsaw type on learning outcomes of students of class X TEI in SMK Negeri 3 Boyolangu on competency standards apply Occupational Health and Safety (K3) The type of this research is a quasi-experimental study (pretest posttest control group design) that experiment consists of a single class is class 1 and class X TEI control that is class X TEI 2. Where control class in the learning process using conventional learning models, while the experimental class using cooperative learning methods Jigsaw type. Then proceed with providing pre-test before starting the learning process and perform post test after the learning process. The last stages are presenting data and research reports.

The results show that the learning method is applied to the experimental class to improve learning outcomes of students by 10.72%, while the control class that uses a conventional learning models of student learning outcomes is only increased by 8.8%. It can be concluded that the type Jigsaw Cooperative learning methods to improve learning outcomes better than conventional learning models.
Keywords: Cooperative Learning Model Type Jigsaw, learning outcomes

Author Biography

Maria Ifa ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
., M. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 BOYOLANGU PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ( K3 ). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 224
PDF Downloads: 348