PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO

  • andre Ekwan Abdilah Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • J. A. Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) pada standar kompetensi memahami sifat dasar sinyal audio di SMKN 2 Surabaya. Masalah pada penelitian ini antara lain bagaimanakah kelayakan perangkat model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) pada standar kompetensi memahami sifat dasar sinyal audio, apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran ini dibandingkan sebelum menggunakannya. Pada penelitian ini dihasilkan perangkat pembelajaran yang disajikan dalam bentuk Buku/(Hard Copy).

Dalam penelitian ini proses pengembangan dilaksanakan berdasarkan konsep pengembangan Research & Development dengan tujuh tahapan, yaitu: (1) Tahap analisis masalah, (2) Tahap pengumpulan data, (3) Tahap desain produk, (4) Tahap validasi desain, (5) Tahap revisi desain, (6) Tahap ujicoba produk,  . dan (7) Tahap analisa dan pelaporan.

Dari hasil penilaian validator terhadap buku ajar memperoleh validasi dengan rata-rata sebesar 82%, hasil validasi rencana pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar  80,33%, dan hasil validasi instrumen tes evaluasi memperoleh rata-rata sebesar 82,5%. Maka dapat disimpulkan  bahwa perangkat pembelajaran ini dikategorikan baik serta layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil uji coba dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) didapatkan hasil perhitungan uji T dengan hasil perhitungan uji T adalah 7,86. Dengan harga  dan dk =35 didapatkan nilai t tabel = 2,04. Terima H0 jika t hitung < 2,04 jadi tolak H0 dan terima H1 karena t hitung = 7,86  > 2,04 jauh di luar daerah penerimaan H0 sehingga hipotesis yang telah diajukan diterima yaitu terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) dibandingkan hasil belajar sebelum menggunakan perangkat tersebut.

Kata kunci: pembelajaran berdasarkan masalah, penelitian & pengembangan, sifat dasar sinyal audio.

 

Abstract

This research is a development that aims to produce a learning device Problem Based Learning Model (PBL) the standard of competence to understand the nature of the audio signal in SMKN 2 Surabaya. Problem in this study include the feasibility of the model of how the Problem Based Learning (PBM) the standard of competence to understand the nature of the audio signal, whether an increase in student learning outcomes after the use of these learning tools than before using it. In this study produced a learning device is presented in the form of Books / (Hard Copy).

In this study conducted by the concept development process of the development of Research & Development with seven stages, namely: (1) Phase analysis of the problem, (2) data collection phase, (3) the product design phase, (4) design validation phase, (5) Phase revised design, (6) product testing phase,. and (7) Phase analysis and reporting.

From the results of assessment validator to obtain validation textbook with an average of 82%, the results of the validation study plan to obtain an average of 80.33%, and the results of validation test evaluation instruments gained an average of 82.5%. It can be concluded that the learning is considered good and fit for use in the learning activities. From the test results by using a problem-based learning (PBM) obtained calculation results with the calculated T test T test is 7.86. With the price t_0, 975 and df = 35 t value obtained table = 2.04. Accept H0 if t <2.04 so reject H0 and accept H1 because t = 7.86> 2.04 beyond the reception area so that the H0 hypothesis that has been proposed is accepted that there is an increase in results after using the lessons learned with the problems based learning (PBL) model compared the results of the study before using the learnig device

Keywords: problem based learning, research & development, basic audio signal.

Author Biographies

andre Ekwan Abdilah, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
J. A. Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Abdilah, andre, & Pramukantoro, J. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 9