PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMKN 2 SURABAYA

  • Mukh. Farid . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • J. A. Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar teknik digital di SMKN 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Adapun jenis desain dalam penelitian ini berbentuk Non equivalent ( Pretest and Posttest) kontrol group design.

Prosedur penelitian ini yaitu tahap perencanaan, persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisa data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-AV-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-AV-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa  lembar pre-test dan post-test. Perbedaan hasil belajar siswa dapat diketahui dari selisih hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Dari perhitungan data post-test menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 74,88 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 57,14. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Bedasarkan analisis uji-t independent dengan harga t0,975 dengan dk=34 diperoleh thitung sebesar 19,3 sedangkan ttabel sebesar 2,04 karena thitung >  ttabel . Sehingga dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi Menerapkan dasar-dasar teknik digital di SMKN 2 Surabaya.

 

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Menerapkan dasar-dasar teknik digital.

 

Abstract

This study aims to determine how the effect of implementation of project-based learning compared with conventional learning on student learning outcomes in competency standards apply basics of digital techniques in SMKN 2 Surabaya. This research is quantitative. The method used in this study is quasi-experimental methods (Quasi-Experimental). The type of research design in the form of non-equivalent (pretest and posttest) control group design.

The procedure of this research is the planning, preparation, and execution phases of data analysis stage. The subjects were students of class X-AV-1 as an experimental class and class X-AV-2 as a control class. The research instrument used to determine student learning outcomes in the form of sheets of pre-test and post-test. Differences in student learning outcomes can be determined from the difference between the pre-test and post-test experimental class and the control class.

Of post-test data calculation shows the average learning outcomes experimental class average of 74.88 while the control class learning outcomes 57,14. The average results of experimental class learning higher learning outcomes than the control class. Based on independent t-test analysis with price t0, 975 with df = 34 obtained t of 19.3 while ttable of 2.04 for th > t table. Thus H0 is rejected and H1 is accepted. It was concluded that there is an influence of project-based learning method to the learning outcomes of students in the competency standards Applying the basics of digital techniques in SMKN 2 Surabaya.

 

Keywords: Project-Based Learning, Learning Outcomes, Applying the basics of digital techniques.

 

Author Biographies

Mukh. Farid ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
J. A. Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
., M., & Pramukantoro, J. (2013). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 134