PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER INSTALASI SISTEM AUDIO PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • Bondo Budiarto Universitas Negeri Surabaya
  • Edy Sulistiyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Motivasi penelitian ini adalah observasi di SMKN 3 Jombang, dimana tidak ada trainer yang mendukung magang siswa. Untuk itu diperlukan suatu dasar pembelajaran agar siswa dapat belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat trainer instalasi audio system yang efektif dan efisien. Untuk mengumpulkan informasi tentang penelitian digunakan lembar validasi yang dikirimkan kepada 2 orang dosen Fakultas Teknik Elektro UNESA dan 1 orang tenaga pendidik di SMKN 3 Jombang sebagai validator. Metodologi penelitian menggunakan penelitian dan perbaikan (R&D). Penelitian terdiri dari 7 (7) tahapan, yaitu: (1) analisis kemungkinan dan masalah, (2) tahapan pengumpulan informasi, (3) tahapan konsep barang, (4) tahapan validasi barang, (5) tahapan perbaikan barang, (6) Tahap penelitian komoditas, (7) tahap dan ruang lingkup analisis informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan pada trainer sebesar 95,08% dan jobsheet sebesar 81,77%. Sedangkan, nilai rata-rata hasil respon siswa pada trainer instalasi sistem audio dengan 2 aspek yaitu aspek kemudahan trainer dan aspek tampilan dan kualitas media diperoleh hasil perhitungan sebesar 88.71%. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan media bimbingan, memasang audio system menjadikan pembelajaran lebih efektif, sehingga siswa tidak bosan dengan filosofi, tetapi siswa juga dapat belajar menggunakan alat bantu bimbingan oleH trainer.

Published
2021-04-29
How to Cite
Budiarto, B., & Sulistiyo, E. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER INSTALASI SISTEM AUDIO PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 3 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(02), 1-8. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n02.p1-8
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 226