META ANALISIS KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK

  • Krismayanti Mei Rani Universitas Negeri Surabaya
  • Ismet Basuki Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan lulusan agar siap bekerja, sehingga menuntut para guru untuk memastikan bahwa para siswa memiliki kompetensi yang mendukung tujuan dari pendidikan kejuruan. Salah satu cara yang dapat diterapakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran dan kondisi kelas. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini bertujuan (1) mengungkap keefektifan model pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik dan hal-hal yang mempengaruhinya; (2) mengungkap kriteria model pembelajaran yang efektif diterapkan pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan metode analisis deskriptif dan meta analisis menggunakan teknik analisis besar pengaruh (effect size). Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa semua model pembelajaran efektif diterapkan pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik ditinjau dari adanya peningkatan kompetensi siswa. Model pembelajaran yang menuntut siswa untuk bekerja secara berkelompok dapat meningkatkan kompetensi siswa lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran yang terpusat pada guru. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan effect size dari keenam data, diantaranya 5 data termasuk dalam efek besar dan 1 data termasuk dalam efek sedang. Model pembelajaran TPSq mendapatkan nilai effect size tertinggi yaitu 0,98 dan model pembelajaran PBL mendapatkan nilai effect size terendah yaitu 0,24. Sedangkan untuk rata-rata nilai effect size yaitu sebesar 0,75 atau termasuk dalam kategori efek besar.

References

-
Published
2021-05-18
How to Cite
Rani, K., & Basuki, I. (2021). META ANALISIS KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(02), 27-38. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n02.p27-38
Abstract Views: 238
PDF Downloads: 192