ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN JOBSHEET SEBAGAI BAHAN AJAR PESERTA DIDIK (STUDI LITERATUR)
Abstract
Jobsheet adalah lembaran berisi tugas atau intruksi yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan pengembangan jobsheet sebagai bahan ajar untuk peserta didik yang digunakan untuk praktek di bengkel. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Penelitian ini merumuskan kelayakan (kevalidan, keefektifan, kepraktisan) untuk pengembangan jobsheet sebagai intruksi peserta didik melakukan praktek di bengkel. Hasil penelitian pada aspek validitas dinyatakan sangat valid dengan rerata 86,59%, aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dengan rerata 83,64% atau pada kategori sangat praktis, terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah menggunakan jobsheet pada kategori sangat efektif dengan rerata 82,89%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa jobsheet ini layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
PDF Downloads: 187