STUDI LITERATUR PENGGUNAAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK

  • Ahmad Rizki Gunawan Universitas Negeri Surabaya
  • Ismet Basuki Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peningkatan kompetensi peserta didik merupakan salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah sarana penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengungkap penggunaan media pembelajaran berupa software Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan teknik meta analisis berupa perhitungan effect size dengan mengumpulkan teori-teori terkait kemudian diperkuat dengan 6 data hasil penelitian tentang penggunaan software Macromedia Flash 8 mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan software Macromedia Flash 8 mata pelajaran instalasi penerangan listrik mampu meningkatkan kompetensi siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, berturut-turut siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,03, 81,12, dan 82,92 dimana ketiganya termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil pehitungan effect size memperoleh rata-rata nilai 0,56 dengan kriteria efek besar. Dapat ditarik kesimpulan software Macromedia Flash 8 sangat berpengaruh untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI mata pelajaran instalasi penerangan listrik. 

Published
2021-05-19
How to Cite
Gunawan, A., & Basuki, I. (2021). STUDI LITERATUR PENGGUNAAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(02), 39-48. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n02.p39-48
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 260