KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBANTUAN TRAINER TROUBLESHOOTING KENDALI ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK

  • Dwi Nugroho Universitas Negeri Surabaya
  • Ismet Basuki Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbantuan trainer troubleshooting pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Model pembelajaran CPS merupakan model pembelajaran yang menumbuhkan pemikiran kreatifitas dan meningkatkan kompetensi siswa menyelesaikan masalah. Penyelesaian masalah instalasi motor listrik menggunakan trainer troubleshooting kendali elektromagnetik (TBS KE) yang sistem kerja permasalahan trainer menggunakan sakelar manual sebagai pemutus dan penghubung komponen trainer. Peneliti menggunakan metode penelitian meta-analysis dan deskriptif untuk mengungkap keefektifan model pembelajaran. Metode meta-analysis dan deskriptif adalah metode menganalisis dengan menjumlahkan dan mendeskripsikan perolehan data sekunder untuk meringkas data penelitian. Tahapan peneliti yang dilakukan adalah: (1) menghimpun data empiris dari kajian pustaka yang berkaitan, (2) menghitung nilai effect size pada data empiris, (3) mendeskripsikan data empiris untuk menyimpulkan analisis. Hasil analisis pengolahan data dengan perhitungan effect size model pembelajaran CPS dan penggunaan media kendali elektromagnetik memiliki rerata yang dikategorikan efek besar. Penerapan model CPS menumbuhkan siswa berpikiran kreatif pemecahan masalah yang diberikan guru. Pembelajaran dengan berbantuan media menarik perhatian siswa dan membantu memahami pembelajaran. Hasil data analisis model dan media menunjukan efek besar untuk penerapan model pembelajaran CPS yang ditunjang trainer efektif sebagai pemecahan masalah untuk meningkatkan kompetensi siswa di SMK.

References

-
Published
2021-05-24
How to Cite
Nugroho, D., & Basuki, I. (2021). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBANTUAN TRAINER TROUBLESHOOTING KENDALI ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(02), 71-79. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n02.p71-79
Abstract Views: 197
PDF Downloads: 194