PENGEMBANGAN TRAINER INTERNET OF THINGS BERBASIS MIKROKONTROLER ESP32 PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 2 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi observasi yang telah dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Surabaya didapati beberapa kendala diantaranya kurangnya kompetensi keterampilan siswa pada mata pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler. Berdasarkan observasi peneliti, hal ini disebabkan oleh adanya keterbatasan pada media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, menghasilkan trainer dan jobsheet yang layak merupakan tujuan penelitian ini dan ditinjau dari beberapa aspek yaitu validitas, keefektifan dan kepraktisan. Digunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan dan revisi (ADDIE). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dari hasil analisis hasil validasi trainer didapatkan skor kevalidan sebesar 89,43% dan dapat dikategorikan menjadi sangat valid, hasil analisis validasi pada jobsheet didapatkan skor kevalidan sebesar 89,58% dan dapat dikategorikan menjadi sangat valid dan hasil analsisi validasi pada butir soal didapatkan skor kevalidan sebesar 83,85% dan dapat dikategorikan menjadi sangat valid. (2) Dari hasil analisis hasil keefektifan diperoleh skor sebesar 80,58 (KKM=75) atau rata-rata nilai kompetensi siswa lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). (3) Hasil analisis angket respon siswa diperoleh skor kepraktisan trainer dan jobsheet sebesar 88,70% dapat dikategorikan menjadi sangat praktis. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa trainer dan jobsheet layak untuk diterapkan sebagai penunjang praktikum siswa pada mata peIajaran pemrograman, mikroprosesor, dan mikrokontroller.
References
PDF Downloads: 504