PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS PRODUK SOFTWARE MENGGUNAKAN SIMULASI CX-DESIGNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IML DI SMKN 2 SURABAYA

  • Mochammad Hendra Sahertian Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Suprianto Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya
  • Endryansyah Endryansyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran proyek berbasis produk software menggunakan simulasi Cx-Designer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMKN 2 Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu True Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan berbentuk Two-group posttest only. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TTL yang berjumlah 25 siswa yang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TITL 1 yang berjumlah 25 siswa yang sebagai kelas kontrol di SMKN 2 Surabaya. Berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata aspek setiap perangkat sebesar 77,67%, sehingga perangkat pembelajaran cukup layak digunakan. Nilai hasil posttest menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 70,0 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 52,0. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan analisis independent sample t-test, nilai thitung sebesar -7,734 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000, dan nilai ttabel sebesar 2,01063 dengan taraf signifikansi sebesar 0,050. Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh thitung (-7,734) lebih besar dibandingkan ttabel (2,01063). Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, pada penelitian ini diputuskan terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada standar Memahami dan Menerapkan gambar kerja instalasi PLC di SMKN 2 Surabaya.

References

-
Published
2021-06-17
How to Cite
Sahertian, M., Suprianto, B., Rusimamto, P., & Endryansyah, E. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS PRODUK SOFTWARE MENGGUNAKAN SIMULASI CX-DESIGNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IML DI SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(02), 135-141. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n02.p135-141
Abstract Views: 191
PDF Downloads: 134