PENGEMBANGAN A-ML (APPLICATION MOBILE LEARNING) BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X DI SMKN 1 TAMBELANGAN

  • Alfi Qonitatin Wafiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya
  • Rina Harimurti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Di SMK Negeri 1 Tambelangan belum menggunakan aplikasi android sebagai penunjang dalam pembelajaran dasar listrik dan elektronika sehingga peneliti memiliki tujuan untuk mengenalkan pembelajaran dengan menggunakan A-ML (Application Mobile Learning) dan untuk mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dari produk A-ML (Application Mobile Learning). Pada penelitian ini penulis menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Dengan desain yang digunakan yaitu One Group Pretest - Posttest Design. A-ML (ation Mobile Learning) mendapatkan penilaian yang layak dari para validator dan memperoleh tanggapan sangat positif dari siswa. Dalam hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi oleh validator diperoleh hasil kevalidan sangan valid memperoleh presentase 86,8% pada media pembelajaran, modul mendapatkan presentase 86,1%, instrumen penilain memperoleh persentase 83%. Pada keefektifan ranah kognitif memperoleh hasil 75%, afektif 87,5% dan psikomotorik 87,5%. Sedangkan untuk kepraktisan pada A-ML (Application Mobile Learning) untuk media pembelajaran memperoleh presentase 88,2%, modul 86,2% dan diperoleh rata-rata 87,2%. Sehingga A-ML (Application Mobile Learning ) berbasis android pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X di SMKN 1 Tambelangan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

References

-
Published
2021-06-17
How to Cite
Wafiyah, A., Zuhrie, M., Sumbawati, M., & Harimurti, R. (2021). PENGEMBANGAN A-ML (APPLICATION MOBILE LEARNING) BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X DI SMKN 1 TAMBELANGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(02), 143-151. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n02.p143-151
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 110