PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK SORE TULUNGAGUNG

  • Titin Ernawati . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • IGP. Asto Buditjahjanto Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kualitas perangkat pembelajaran, (2) mengetahui hasil belajar siswa terhadap perangkat pembelajaran kooperatif teknik make a match, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development yang menggunakan tujuh tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, serta (7) analisa dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Sore Tulungagung.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dari hasil rata-rata kedelapan instrument yang divalidasi dinyatakan layak/baik dengan hasil rating sebesar 81,02%, (2) Diperoleh rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas pertama (model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match) adalah sebesar 90,18 dan standar deviasinya adalah sebesar 4,41. Untuk rata-rata hasil belajar siswa kelas kedua (model pembelajaran kooperatif GI) adalah sebesar 80,98 dan standar deviasinya adalah sebesar 3,6. Perbedaan antara hasil belajar tersebut dinyatakan taraf signifikan yakni sebesar 5%, untuk thitung adalah sebesar 8,751 dan ttabel adalah sebesar 1,675. Oleh karena itu thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak, dari pernyataan tersebut bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik make a match lebih baik dibandingkan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) yang diterapkan di kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 Di SMK Sore Tulungagung, (3) hasil perhitungan angket respon siswa menunjukkan hasil rating 78,53% yang menunjukkan adanya respon positif yaitu siswa merasa cukup nyaman dan tanggap terhadap model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang digunakan.

Kata kunci: Pengembangan Perangkat pembelajaran, Model Pembelajaran Teknik Make A Match, Hasil Belajar dan .Respon Siswa

Abstract

The aim of this research are: (1) determine the quality of learning, (2) determine the student learning outcomes of cooperative learning technique make a match, and (3) determine students response to the learning.

This research used Research and Development method with 7 stages, namely: (1) potential and problem (2) information collecting, (3)product design (4) validated design (5) product revision (6) implementasion of product (7) Analysis and dissemination. The subject of this research are students of class X TKJ at SMK Sore Tulungagug.

The study results show that 1) the average of the results of a validated instrument eighth otherwise decent/ good with a rating of 81.02% results, 2) obtained an average student learning outcomes to the first class (models of cooperative learning technique Make A Match) is at 90.18 and the standard deviation is 4.41. For the average student learning outcomes for second grade (GI cooperative learning model) is at 80.98 and the standard deviation is equal to 3.6. The difference between the results of the study revealed that a significant level of 5%, to tcount is equal to 8.751 and ttable amounted to 1,675. Therefore tcount> ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected, from the statement that the learning outcomes using the model of cooperative learning techniques make a better match than the result of learning that uses cooperative learning model Group Investigation (GI) which is applied in class X TKJ 1 and X TKJ 2 in SMK Sore Tulungagung, 3) the calculation of the results of student questionnaire responses showed 78.53% rating which indicates a positive response that students are feeling quite comfortable and responsive to the learning model and learning devices are used.

Keywords : Learning Device Development, learning outcomes, and Student respon

Author Biographies

Titin Ernawati ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
IGP. Asto Buditjahjanto, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
., T., & Buditjahjanto, I. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK SORE TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 18