PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Franklyn Hanki Septiyan Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Meini Sondang . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT)  denganTeams Assisted Individualization (TAI). Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan membagi kelompok penelitian menjadi dua kelompok eksperimen, yaitu kelompok pertama adalah kelompok eksperimen yang belajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik TGT dan kelompok kedua adalah kelompok eksperimen yang belajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik TAI. Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu (1)penyusunan proposal penelitian, (2)penyusunan perangkat penelitian, (3)penyusunan instrumen penelitian, (4) validasi intrumen penelitian, (5) pelaksanaan penelitian, (6) penyajian hasil penelitian, (7) analisis dan pelaporan.

Hasil tes hasil belajar (postest) penerapan model pembelajaran kooperatif TGT memberikan pengaruh terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Sebanyak 28 siswa tuntas belajar dan mencapai standar ketuntasan minimal yaitu sebesar > 80%, sedangkan penerapan model pembelajaran kooperatif TAI juga memberikan pengaruh terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Sebanyak 16  siswa tuntas belajar dan mencapai standar ketuntasan minimal yaitu sebesar > 54%. Analisis uji hipotesis mendapat nilai ttest = 2,671 sedangkan ttabel = 2,00. Dengan demikian ttest> ttabel sehingga prioritas H1 diterima dan Ho ditolak, hal ini berarti hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif TGT berbeda signifikan dengan hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif TAI dengan taraf signifikan 0,05.

Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif TGT dengan siswa yang diberi model pembelajaran TAI pada siswa kelas XI AV semester I SMK Negeri 3 Surabaya dan model pembelajaran kooperatif TGT memberikan hasil yang lebih baik.

Kata kunci: Perbedaan, Model Pembelajaran Kooperatif TGT, Model Pembelajaran Kooperatif TAI.

Abstract

This study aimed to compare student learning outcomes using the Teams Games Tournament (TGT) method of cooperative learning with Teams Assisted Individualization (TAI). The method in this study is the experimental method, by dividing the study group into two experimental groups, ie the first group is the experimental group who studied with the TGT technique of cooperative learning approach and the second group is the experimental group who studied with the approach TAI cooperative learning techniques. Stages are implemented in this study are (1) preparation of research proposals, (2) preparation of research tools, (3) preparation of research instruments, (4) Validation of research instruments, (5) implementation of research, (6) presentation of research results, (7 ) analysis and reporting.

The test results (postest) application of TGT cooperative learning model to give effect to the thoroughness of student learning outcomes. A total of 26 students thoroughly learn and achieve a minimum standard of thoroughness that is equal to> 80%, whereas the application of cooperative learning model TAI also give effect to the thoroughness of student learning outcomes. A total of 16 students thoroughly learn and achieve a minimum standard of thoroughness that is equal to> 54%. Analysis of hypothesis test scored ttest = 2.671 while the TTable = 2.00. Thus ttest> TTable so that priorities Ho rejected and H1 accepted, this means that a given student learning outcomes TGT cooperative learning models differ significantly with students' cooperative learning model provided TAI with significant level 0.05.

The analysis we can conclude that there are differences in learning outcomes between students who were given TGT cooperative learning models with students who were learning model TAI in class XI AV at SMK Negeri 3 Surabaya in first semester and TGT cooperative learning model gives better results.

Keywords: Difference, Model TGT Cooperative Learning, Cooperative Learning Model TAI.

Author Biographies

Franklyn Hanki Septiyan, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Meini Sondang ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Septiyan, F., & ., M. (2013). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 8