PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN LISTRIK 3 FASA GEDUNG BERTINGKAT BERBASIS “SMART BUILDING” PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL DI SMKN 1 DRIYOREJO

  • Alfredo Arianto Permana Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Munoto - Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya
  • Widi Aribowo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Trainer adalah salah satu media penunjang pembelajaran yang efektif dalam membantu proses belajar, realitasnya belum semua sekolah memiliki trainer. Penelitian ini bertujuan menghasilkan trainer dan job sheet instalasi penerangan listrik 3 fasa gedung bertingkat berbasis smart building yang layak digunakan, dilihat dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini dilakukan melalui Research and Development (R & D), dan uji coba penelitian ini menggunakan desain penelitian One Shot-Case Study yang dilakukan di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik. Subjek penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas XI TITL-1. Data validitas trainer dan job sheet diperoleh dari hasil penilaian tiga ahli menggunakan lembar validasi; data kepraktisan trainer dan job sheet diperoleh dari respon guru dan peserta didik melalui angket respon, dan keefektifan diperoleh dari data hasil belajar peserta didik menggunakan instrumen post test, lembar observasi dan tes kinerja proyek. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan one sample t-test. Didapatkan hasil penelitian menunjukkan rating validitas trainer 83 %, 85% dan job sheet 85,77% >80% (sangat valid). Rating respon guru 88, 89% dan peserta didik 86,92% > 80% (sangat praktis). Hasil belajar peserta didik rerata 84,21 (sangat efektif) dan berbeda signifikan dibandingkan nilai KKM>75. Sehingga dapat disimpulkan, trainer dan jobsheet yang dihasilkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran instalasi penerangan listrik gedung bertingkat berbasis smart building. Hasil penelitian dapat dipakai pertimbangan kepala sekolah SMK untuk mendorong, memotivasi, dan memfasilitasi guru merealisasikan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar dilengkapi trainer dan jobsheet HOTS.

Published
2021-07-15
Abstract View: 128
PDF (Bahasa Indonesia) Download: 150