PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TRAINER PLC UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v10n03.p391-397Keywords:
Pengembangan modul, PLC, motivasi ibelajar.Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa supaya lebih efektif dalam hal teori maupun praktik. Pengembangan modul ini guna meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata pelajaran instalasi motor listrik, terutama pada PLC untuk jurusan Teknik Elektro. Cara pengukuran atau cara untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar adalah dengan dilakukannya pre-test dan post-test pada mahasiswa. Tujuan idari penelitian ini yaitu menghasilkan modul iyang lebih efektif dengan memiliki syarat layak ditinjau dari validitas dan efektifitas oleh validator yang memiliki tingkat validitas yang baik dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Metode penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan proses pengembangan. Penelitian dan pelaksanaan dilakukan pada mahasiswa TTL 2018 Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan modul menggunakan angket kepada dosen ahli desain, materi, bahasa, format, cover, dan tata krama. Data yang telah didapat kemudian dianalisa secara deskriptif. Jika interpretasi data hasil validitas modul diketahui memperoleh rata-rata sebesar 90, maka kriteria kelayakan modul dinyatakan sangat valid. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan modul PLC CP1E dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest, untuk pretest didapat nilai sebesar 64 dan posttest sebesar 86.