PENGEMBANGAN JOB SHEET TRAINER OTOMASI INSTALASI TENAGA LISTRIK MENGGUNAKAN PLC OMRON CP1E E20SDRA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Zidny Shidqon As-Sholhy Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya
  • Joko - Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Suprianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

PandemiiCOVID-19iberdampak besar padaipendidikan, dimana kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah sesuai surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan. Akibatnya kegiatan pembelajaran antara siswa dan guru menjadi kurang komunikatif maupun interaktif. Penelitianiini bertujuani untuk Mengembangkani_job sheet trainer otomasi instalasi tenaga listrik menggunakan PLC OMRON CP1E E20SDRA yang praktis untuk digunakan, ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan job sheet. Penelitiani ini mengadopsi penelitian Research And Development (R&D) oleh Sugiyono yang diringkas menjadi 6 (enam) langkah penelitian dan pengembangan, dimulai dari menganalisis potensi dan masalah hingga uji coba produk pada siswa secara terbatas. Data penelitian ini merupakan data kuantitatif. Pengumpulan datai dilaksanakan melalui lembar angket dan validasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunkan deskriptif kuantitatif. Produk penelitian ini berupa job sheet trainer otomasi instalasi tenaga listrik sebagai media pembelajaran praktik siswa kelas XII SMK Negeri 2 Surabaya. job sheet dinyatakan valid atau layak dengan rata-rataasebesar >75%-≤87,5%. Sedangkan respon guru dan siswa terhadap penerapan job sheet dikatakan valid atau layak dengan rata-rataasebesar >75%-≤87,5%.. Hasil dari validasi job sheet secara keseluruhan memperoleh rata-rata sebesar 93,94%, lalu hasil respon guru terhadap job sheet memperoleh rata-rata sebesar 87,22%, sedangakan untukahasil responi siswa terhadap job sheet memperoleh rata-rata sebesar 83,94%. Dengan demikian job sheet trainer otomasi instalasi tenaga listrik layakadigunakan sebagai media pembelajaranipraktik siswa pada mata pelajaranainstalasi motor listrik. Hasil penelitian ini dapat digunakan pihak sekolah sebagai pertimbangan unuk memotivasi, medorong, serta memfasilitasi guru merealisasikan pembelajaran yang interaktif dan komunikatif.

Published
2021-07-19