PENGEMBANGAN TRAINER PENGENDALI MOTOR LISTRIK 3 FASA MENGGUNAKAN NodeMCU ESP32 DENGAN INTERFACE APLIKASI BLYNK SEBAGAI SISTEM MONITORING ARAH PUTARAN MOTOR DI KELAS XI TITL 2 SMKN 1 SIDOARJO

  • Daniel Ezra Prasojo Universitas Negeri Surabaya
  • Joko - Universitas Negeri Surabaya
  • Munoto - Universitas Negeri Surabaya
  • Yulia Fransisca Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran trainer dan jobsheet yang layak digunakan, pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMKN 1 Sidoarjo. Kelayakan media pembelajaran trainer dan jobsheet ditinjau dari tingkat hasil kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and development (R&D), dengan rancangan penelitian yang digunakan berbentuk One Group Pretest – Postest Design. Untuk subjek penelitian ini menggunakan simple random sampling, subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas XI TITL 2 di SMKN 1 Sidoarjo. Dari hasil validasi trainer diperoleh ratarata 85,00%, hasil validasi jobsheet diperoleh rata-rata 86,07%, hasil validasi rencana perencanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 88,28%, dari hasil kepraktisan diperoleh dari analisis hasil respon guru rata-rata 86,30%, dari analisis hasil respon perserta didik rata-rata 86,65%. Dari hasil perolehan data Pretest menunjukan rata-rata hasil belajar 65,00, sedangkan perolehan data posttest menunjukan rata-rata 85,00. Berdasarkan analisis paired sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar 11,027 dan df 19 dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Sedangkan diketahui nilai ttabel sebesar 2,093 dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil perhitungan uji paired samplet t-test tersebut diperoleh (-2 tailed) 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05. Untuk hasil thitung sebesar (11,027) sedangkan ttabel sebesar 2,093 dengan df = 19. Sehingga dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran trainer dikategorikan sangat layak digunakan dan terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik pada kelas XI TITL 2. Penelitian ini dapat menjadi masukan guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan trainer dan jobsheet pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Published
2021-07-19