PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORI DAN KINESTETIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT RANGKAIAN LISTRIK DI SMKN 1 CERME GRESIK.

  • Zulfakria Rachmawati . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Joko . . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan gaya belajarnya pada standart kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik  di SMK Negeri 1 Cerme Gresik. Dalam penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalah simple factorial design.

Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) Dari hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Intruction (PBI) nilai rata-rata 75,18 dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata-rata 73,37 , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) Dari hasil belajar siswa yang menggunakan gaya belajar Auditory sebesar 72,77, gaya belajar Visual 75,00, dan gaya belajar Kinestetik sebesar 75,37. maka disimpulkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara yang menggunakan gaya belajar visual, auditori, kinestetik; dan (3) pada pengujian hipotesis terdapat interaksi tetapi tidak signifikan antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Ini bisa dibuktikan pada F hitug 16,47.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran, Interaksi,hasilbelajar

Abstract

This type of research is experimental research, which is a way to find a causal link between the two factors that caused deliberately by researchers to eliminate or reduce or set aside other factors interfere. This study aims to determine the learning outcomes of students who use the model of learning based on problems with learning styles in an electrical circuit to apply the standard of competence in SMK Negeri 1 Cerme Gresik. In this study the design of the study is a simple factorial design.

From the results obtained, show that: (1) From the results of student learning based on problems (PBI) 75,18 and using conventional learning models 73,37 , it can be concluded that there are differences in learning outcomes using the model of learning based on problems is higher than on student learning outcomes using conventional learning models, (2) From the students' learning styles Auditory 72,77 while the learning styles Visual 75,00 and learning styles Kinestetik 75,37we conclude there is difference in learning outcomes between the use of learning styles visual, auditory, kinesthetic. (3) to test the hypothesis, but there were no significant interactions between models of learning and learning styles of student learning outcomes. This can be proven on the F count 16,47.

 

Key words: Learning models, Intraction, Results of study

Author Biographies

Zulfakria Rachmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Joko . ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
., Z., & ., J. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORI DAN KINESTETIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT RANGKAIAN LISTRIK DI SMKN 1 CERME GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 43