PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • Maya Puspita . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Meini Sondang S. Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Observasi yang dilakukan peneliti menujukkan bahwa di SMK Negeri 2 Bojonegoro siswa memang mempunyai modul pembelajaran tetapi modul yang digunakan belum sesuai dengan potensi siswa dan kurang sesuai dengan standar modul, jadi secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi siswa di SMK Negeri 2 Bojonegoro, kualitas modul pembelajaran, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan modul dan perangkat pembelajaran. Pengembangan modul pembelajaran ini mengacu pada pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas X TEI 1.

Rancangan uji coba yang digunakan untuk pengambilan data adalah desain penelitian eksperimen One Group Pretest Postest dengan hasil sebagai berikut: 1) dari hasil tes kemampuan penalaran formal diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata siswa berada pada tingkat kemampuan penalaran transisi, 2) dari hasil validasi diperoleh 80,2% untuk modul pembelajaran dan 80% untuk butir soal maka dapat disimpulkan bahwa dapat/ layak digunakan, 3) diperoleh rata-rata nilai postest 64,62 dan standar deviasi 12,05 kemudian untuk pretest dengan nilai rata-rata 58,56 dan standar deviasi 12,20. Perbedaan antara hasil belajar tersebut dinyatakan taraf signifikan yakni sebesar 5%, untuk thitung sebesar 3,188 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,04, jadi nilai thitung > ttabel dan pada probabilitas diperoleh P Value sebesar 0,003 maka P-Value < 0,05 dimana dapat dikategorikan H1 diterima dan H0 ditolak, dari pernyataan tersebut bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran meningkat dibandingkan dengan siswa sebelum menggunakan modul pembelajaran. Saran dari peneliti adalah dalam pengembangan modul hendaknya tidak hanya pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar kelistrikan saja diharapkan pengembangan modul bisa menyeluruh untuk semua standar kompetensi agar dapat membantu siswa dalam pembelajaran, dan pengembangan modul selanjutnya diharapkan memberikan konsep yang lebih bagus dan lebih menarik siswa untuk lebih menyenangi melakukan pembelajaran sendiri dengan modul agar meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran dan Hasil Belajar.

Abstract

Observations conducted by researchers showed that in SMK Negeri 2 Bojonegoro student learning is having a module but the module is not used in accordance with the potential students and less according to the standard module, so generally, this study aims to determine the potential of students in SMK Negeri 2 Bojonegoro, quality learning modules, and student learning outcomes.

This research development, because in this study developed learning modules and devices. This learning module development refers to the development of 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). The study subjects were 32 students of class X TEI 1.

The design of experiments used for data retrieval experimental research design One Group Pretest Posttest with the following results: 1) the results of formal reasoning ability tests concluded that the average student there is at the level of reasoning ability transition, 2) the validation of results result obtained 80,2% for the learning modules and 80% for items we can conclude for use, 3) the result an average value and standard deviation of posttest 64,62 then 12,05 to pretest with an average value of 58,56 and a standard deviation of 12,20. The difference between the results of the study revealed that a significant level of 5%, the value of tcount 3,188 while the value of ttabel 2,04, so the value of tcount > ttable and the probabilities obtained the P Value 0,003, P-Value <0.05 which can be categorized H1 is accepted and H0 is rejected, from the statement that the learning outcomes of students after using the learning modules increased compared with students before using the learning modules.

Keywords : Development of Learning Module and learning outcomes.

Author Biographies

Maya Puspita ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Meini Sondang S., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
., M., & S., M. (2013). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 31