PENGARUH PENDDIKAN SISTEM GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PADA MATA DIKLAT TEKNIK AUDIO VIDEO SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Rr. Prihantini Trianingsih Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • ekohariadi . . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan respon siswa dengan melaksanakan kegiatan prakerin. Sasaran penelitian yaitu siswa XI TAV di SMK Negeri 5 Surabaya tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dan menggunakan  desain Posttest-Only Control Design.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui, angket respon siswa dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Perlakuan pertama yang dilakukan yaitu siswa melaksanakan kegiatan prakerin dan terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran dan butir soal memiliki presentase rata-rata sebesar 80,91% dari hasil validasi oleh para ahli dan dikategorikan valid. (2) Hasil belajar siswa dengan para siswa yang melaksanakan kegiatan prakerin, pada uji-t adalah thitung = 3,03 dan t tabel 1,67 sehingga jelas terdapat daerah penolakan H0 karena 3,03 > 1,67. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang melaksanakan kegiatan prakerin lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang tidak melaksanakan kegiatan prakerin. (3) Respon siswa terhadap kegiatan prakerin secara keseluruhan adalah positif dan termasuk dalam kriteria respon baik dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 81,40%.

 

Kata kunci : pendidikan sistem ganda, Hasil belajar.

Abstract

This research aims to determine the effect of learning and student responses using a strategy Question Student Have. Objective studies of class XI at SMK TAV 5 Surabaya 2011/2012 school year. This type of study is a True Experimental Design and posttest-only design using Control Design.

Methods of data collection in this study were obtained through, questionnaire responses of students and student learning outcomes quantitatively analyzed descriptively. The first treatment which done that is introduce strategy Question Student Have then applied to the learning process and the last held post-test to find out the results of student learning.

From the research result obtained, show that: (1) The point about learning and have average percentage of 80,91% of the results of the validation by experts and valid categorized. (2) the results of the student learning using strategy Question Student Have, t-test was tarithmetic = 3.03 and 1.67 t table, so obviously there is a region of rejection of H0 since 3.03 > 1.67. Based on the above results it can be concluded that the average learning outcomes of students who have learning strategy Question Student Have better than average learning outcomes of students who did not get the strategy Question Student Have. (3) The response of students toward learning as awhole is positive and included in the response criterion very well with the average percentage of student responses at 81.40%.

 

Key words: strategy Question Student Have, learning results.

Author Biographies

Rr. Prihantini Trianingsih, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
ekohariadi . ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Trianingsih, R., & ., ekohariadi. (2013). PENGARUH PENDDIKAN SISTEM GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PADA MATA DIKLAT TEKNIK AUDIO VIDEO SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 225