KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH (STUDI LITERATUR)

  • Burhanudin Karim Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya
  • Munoto Munoto Universitas Negeri Surabaya
  • Euis Ismayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan guru maupun peserta didik melakukan pembelajaran jarak jauh dari rumah memunculkan beberapa permasalahan, salah satunya yaitu media pembelajaran yang digunakan harus efektif guna menunjang pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari studi literatur ini yaitu: (1) mengetahui keefektifan google classroom dalam proses pembelajaran jarak jauh; (2) mengetahui keefektifan google classroom apabila digabungkan dengan aplikasi lain dalam proses pembelajaran jarak jauh. Untuk mencapai tujuan dilakukan studi literatur yang diperoleh dari artikel penelitian ilmiah terbaru dengan menggunakan Google Schoolar dengan kata kunci google classroom. Setelah dilakukan identification, screening, dan egibility dari 30 artikel terdapat 7 artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil kajian literatur menjelaskan: (1) penggunaan google classroom pada pembelajaran jarak jauh cukup baik dengan presentase keberhasilan di atas 60%; (2) penggunaan media google classroom mendapatkan hasil lebih baik dengan dengan presentase di atas 70% apabila dikolaborasikan dengan pembelajaran tatap muka secara virtual karena beberap fitur dari google classroom belum mampu menutupi kelemahan yang dihadapi selama pembelajaran online.

Published
2021-07-19
How to Cite
Karim, B., Kholis, N., Munoto, M., & Ismayati, E. (2021). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH (STUDI LITERATUR). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 61-67. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p61-67
Abstract Views: 232
PDF Downloads: 156