PENGEMBANGAN TRAINER PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER BERBASIS ARDUINO UNO PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMOGRAMAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS XI TEI DI SMKN 1 NGAWI

  • Zainal Mujib Ansori Universitas Negeri Surabaya
  • Lilik Anifah Universitas Negeri Surabaya
  • I Gusti Putu Asto Buditjahjanto Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhayati - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Ngawi pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini yaitu 40 siswa kelas XI TEI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan trainer dan job sheet pembelajaran mikrokontroler berbasis arduino uno pada mata pelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler; serta untuk mengetahui seberapa besar respon siswa terhadap trainer dan job sheet yang digunakan sebagai media pembelajaran. Kevalidan trainer dan job sheet dinilai dari dua aspek yaitu: aspek isi dan aspek konstruksi. Sedangkan penilaian siswa terhadap trainer dan job sheet didasarkan pada aspek kemudahan dan aspek ekonomis dalam pengoperasian trainer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan tujuh (7) tahapan dari 10 tahapan yang ada, di antaranya: (1) studi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan tahap terakhir (7) analisis data dan pelaporan. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa tingkat kevalidan trainer dari rata-rata penilaian dua aspek memperoleh prosentase total sebesar 91% dan job sheet sebesar 87,4%. Kemudian respon siswa terhadap penerapan trainer dan job sheet pembelajaran mikrokontroler berbasis Arduino uno memperoleh rata-rata persentase sebesar 90%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa trainer serta job sheet yang dikembangkan tergolong sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Published
2021-07-19