PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING SUITE 9 BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Dita Larasati Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya
  • Lilik Anifah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Akibat pandemi Covid-19, proses pembelajaran harus dilakukan daring dan tatap muka terbatas. Kondisi ini mengakibatkan siswa menghadapi kesulitan dalam menguasai materi ajar sebab belum terdapat bantuan media interaktif berbasis android yang digunakan guru pada proses pembelajaran jarak jauh. Permasalahan ini sesuai dengan hasil pra-observasi yang sudah dilakukan peneliti di SMKN 3 surabaya, sehingga perlu dikembangikan media pembelajaran interaktif berbasis android untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Atas dasar ini peneliti mengembangkan media pembelajran iSpring Suite 9 berbasis android. Tujuan dari pengembangan media ini yaitu (1) mengetahui validitas media pembelajaran yang dibuat, (2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 di SMKN 3 Surabaya yang berjumlah 38 siswa. Tahapan pengembangan media pada menelitian ini menggunakan model ADDIE. Data validitas media pembelajaran dan respon siswa dianalisis dengan sistem deskriptif. Berdasarkan hasil validitas media mendapatkan presentase sebesar 82,29% yang berarti valid atau baik. Sedangkan hasil respon siswa yang didapatkan sebesar 83,4% yang berarti baik dan penggunaan media berbasis android memabantu siswa memahami materi secara mandiri.

Published
2021-08-03
How to Cite
Larasati, D., Wrahatnolo, T., Rijanto, T., & Anifah, L. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING SUITE 9 BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 79-85. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p79-85
Abstract Views: 664
PDF Downloads: 1634