PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF SISTEM TENAGA LISTRIK MENGGUNAKAN MOTION GRAPHIC UNTUK SISWA KELAS XI TITL 1 SMK RAJASA SURABAYA

  • Anindya Widia Prabaswari Universitas Negeri Surabaya
  • Mahendra Widyartono Universitas Negeri Surabaya
  • Euis Ismayati Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Chandra Hermawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran merupakan sebuah perantara yang berfungsi sebagai perantara informasi dari guru kepada siswa sehingga dapat menarik perhatian, menginspirasi dan menarik minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu membuat media interaktif menggunakan motion graphic yang layak untuk siswa SMK jurusan TITL pada pelajaran Instalasi Tenaga Listrik dengan merujuk pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dihasilkan akan diujicobakan pada 11 siswa kelas XI TITL 1 SMK Rajasa Surabaya. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar validasi yang diisi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran untuk menguji kevalidan, kemudian angket respon siswa untuk menguji kepraktisan, dan tes menggunakan pre-test dan post-test pada siswa untuk menguji keefektifan. Kevalidan ditinjau dari penilaian: (1) ahli media diperoleh rerata 75% yang masuk dalam kategori valid. (2) ahli RPP diperoleh rerata 96,79% yang masuk dalam kategori sangat valid, (3) ahli pembelajaran diperoleh rerata 97,21% yang masuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan media ditinjau dari hasil angket respon siswa dengan rerata 95% yang dapat dikategorikan sangat baik. Keefektifan media ditinjau dari hasil tes belajar siswa diperoleh uji gain sebesar 0,6 yang masuk dalam kategori sedang dan hasil nilai thitung sebesar 7,216 > ttabel sebesar 1,81. Dari hasil tersebut dapat dikatakan media interaktif motion graphic memberikan peningkatan terhadap nilai post-test hasil belajar siswa pada pelajaran Instalasi Tenaga Listrik. Sehingga dapat ditarik simpulan bahwa media pembelajaran ini efektif untuk proses belajar mengajar.

Published
2021-08-03
Abstract View: 108
PDF (Bahasa Indonesia) Download: 70