PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI TITL PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK PGRI 1 SURABAYA

  • Muhammad Ilham Dwi Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Subuh Isnur Haryudo Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya
  • Yulia Fransisca Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran media interaktif berbasis adobe flash CS 6 yang menghasilkan produk aplikasi android untuk menigkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK PGRI 1 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan berbentuk One Group Pretest – Postest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TITL yang berjumlah 25 peserta didik yang akan dijadikan kelas eksperimen di SMK PGRI 1 Surabaya. Dari hasil perolehan validasi media pembelajaran interaktif diperoleh nilai rata-rata beberapa aspek sebesar 77,85%, sehingga media pembelajaran interaktif cukup layak digunakan. Dari hasil perolehan data Pretest menunjukan rata-rata hasil belajar 50,8, sedangkan perolehan data posttest menunjukan rata-rata 75. Berdasarkan analisis Paired Sample t Test diperoleh nilai thitng sebesar 31,665 dan df diperoleh nilai 49 dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Sedangkan diketahui nilai ttabel sebesar 2,045 dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil perhitungan uji Paired Samplet t Test tersebut diperoleh (-2 tailed) 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai 0,000 < 0,05. Untuk hasil thitung sebesar (31,665) sedangkan ttabel sebesar 2,045 dengan df = 49. Sehingga dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik lebih baik menggunakan media pembelajaran interaktif yang dilakukan pada proses belajar mengajar dikelas XI TITL di sekolah SMK PGRI 1 Surabaya.

Published
2021-08-12
How to Cite
Putra, M., Haryudo, S., Wrahatnolo, T., & Fransisca, Y. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI TITL PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK PGRI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 117-126. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p117-126
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 211