PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SMKN 3 SURABAYA

  • Nur Hidayati Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya
  • Mahendra Widyartono Universitas Negeri Surabaya
  • Yulia Fransisca Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis software Articulated Storyline yang layak berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Media pembelajaran ini diperuntukan sebagai media pendamping proses belajar dalam memahami materi pembelajaran instalasi penerangan jalan umum pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah R&D, yang terdiri dari tujuh tahapan yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, serta analisis dan pelaporan. Subyek penelitian ini adalah 3 validator ahli, 1 guru dan 32 peserta didik kelas XII TITL 1 SMKN 3 Surabaya. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan kelayakan media pembelajaran pada aspek validitas yang ditinjau dari hasil skor rerata validasi media pembelajaran 84,03%, materi pembelajaran 87,50%, dan butir soal 94,58% dapat dikategorikan sangat valid. Pada aspek kepraktisan ditinjau dari angket respon siswa mendapatkan rerata rating sebesar 92,68% dan angket respon guru mendapatkan rerata rating sebesar 86,11% maka dapat dikategorikan sangat praktis. Pada aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa ranah kognitif diuji menggunakan uji Wilcoxon didapatkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar posttest siswa, dengan demikian media pembelajaran ini dikategorikan sangat efektif. Dapat ditarik simpulan bahwasanya media pembelajaran interaktif software Articulated Storyline layak untuk digunakan sebagai media penunjang belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik.

Published
2021-08-12
How to Cite
Hidayati, N., Rijanto, T., Widyartono, M., & Fransisca, Y. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SMKN 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 127-135. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p127-135
Abstract Views: 413
PDF Downloads: 640