PENGEMBANGAN E-MODUL BAGI SISWA KELAS XI JURUSAN TEI PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMKN 1 JABON

  • Farhana - Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya
  • Edy Sulistiyo Universitas Negeri Surabaya
  • Lilik Anifah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk mengatasi masalah kurangnya pemanfaatan media yang menarik minat belajar siswa terutama di masa pandemi Covid-19 dan kurang beragamnya penggunaan aplikasi simulator rangkaian elektronika. Tujuan penelitian yaitu untuk menghasilkan produk media belajar berupa modul elektronik (e-module) yang layak untuk digunakan oleh siswa kelas XI Jurusan TEI yang ditinjau dari aspek kevalidan dan respon siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluation) menggunakan desain penelitian One-Shot Case Study dengan teknik pengumpulan data melalui lembar validasi, angket respon siswa, dan tes evaluasi. Penelitian ini diujicobakan kepada 30 orang siswa kelas XI TEI 1. Kevalidan media yang dihasilkan divalidasi oleh 2 orang validator yang merupakan dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya dan 1 guru mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMKN 1 Jabon. Penelitian ini menghasilkan data berupa tingkat kevalidan media e-modul rata-rata sebesar 90,21% dengan kategori Sangat Valid, kevalidan RPP sebesar 75% dengan kategori Valid, dan kevalidan butir soal sebesar 89,58% dengan kategori Sangat Valid. Respon siswa yang diperoleh sebesar 95,18% dengan kategori Sangat Valid artinya dapat dikatakan bahwa e-modul memperoleh respon yang baik dari siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul pada penelitian ini layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika.

Published
2021-08-16
Abstract View: 61
PDF (Bahasa Indonesia) Download: 37