PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ROLE PLAYING GAME (RPG) PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK

  • Valdivia Kusuma Pahlevi Universitas Negeri Surabaya
  • Mahendra Widyartono Universitas Negeri Surabaya
  • Munoto Munoto Universitas Negeri Surabaya
  • Yulia Fransisca Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi Role Player Game (RPG) sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada kelas XI SMK YPM 1 TAMAN. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest (Tes awal-Tes akhir kelompok tunggal). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 yang berjumlah 12 siswa sebagai kelas eksperimen kelompok tunggal di SMK YPM 1 TAMAN. Perolehan hasil validasi perangkat pembelajaran RPP sebesar 82% , Media Pembelajaran sebesar 80%, dan Soal Pretest-Posttest sebesar 72%. Sehingga rata-rata persentase validasi perangkat pembelajaran sebesar 79,33% dan dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk memenuhi kriteria valid dan reliabel. Uji validitas dari 20 butir soal yang diujikan terdapat 2 soal tidak valid dengan rtabel 0,576. Pada uji reliabilitas didapatkan hasil 0,929 > 0,6 sehingga instrumen dapat dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas distribusi Kolmogorovsmirnov dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-T Paired Sample Test. Berdasarkan analisis Uji-T Paired Sample Test diperoleh thitung sebesar (-10,164), dengan taraf signifikansi 0,05. Diketahui nilai dari ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu 1,79. Dari perhitungan Uji-T tersebut thitung 10,164 lebih besar dari ttabel 1,79 , sehingga dapat dinyatakan menolak H0 dan menerima H1 dimana hasil rerata nilai posttest siswa lebih besar dari rerata nilai pretest siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Role Player Game (RPG) layak digunakan untuk siswa kelas XI di SMK YPM 1 Taman.

Published
2021-08-23
How to Cite
Pahlevi, V., Widyartono, M., Munoto, M., & Fransisca, Y. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ROLE PLAYING GAME (RPG) PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 145-154. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p145-154
Abstract Views: 162
PDF Downloads: 107