PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA SMK RAJASA SURABAYA

  • Ma‚Äôrifatullah - Universitas Negeri Surabaya
  • Euis Ismayati Universitas Negeri Surabaya
  • Joko - Universitas Negeri Surabaya
  • Mahendra Widyartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif instalasi penerangan listrik berbasis Macromedia Flash yang layak digunakan. Kelayakan media pembelajaran mengacu pada aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar vallidasi, lembar angket respon siswa, dan soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistic dekriptif. Uji coba dilakukan menggunakan one group pretest posttest design dengan subjek uji coba siswa kelas XI TITL 2 SMK Rajasa Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian kevalidan, validasi media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash memperoleh 75%, validasi RPP sebesar 97.11%, dan validasi bahan ajar sebesar 93.60% dengan kategori sangat valid yang berarti layak untuk digunakan. Kepraktisan media pembelajaran interaktif ditinjau dari hasil respon siswa memperoleh hasil 90.3% dengan kategori sangat baik yang berarti sangat praktis untuk digunakan. Keefektifaan media pembelajaran interaktif ditinjau dari hasil belajar dengan pengujian pre-test dan post-test diperoleh uji gain sebesar 0.7 yang masuk dalam kategori layak dan hasil nilai thitung = 7,382 > ttabel = 1,78 dangan hasil H0 diterima dan H1 ditolak, yang berarti media pembelajaran interaktif instalasi penerangan listrik berbasis Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memotivasi guru untuk membuat dan menggunakan media interaktif pada
proses pembelajaran.

Published
2021-08-25
Abstract View: 107
PDF (Bahasa Indonesia) Download: 85