STUDI LITERATUR PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MAPEL DASAR LISTRIK ELEKTRONIKA

  • Nida Nurul Izza Universitas Negeri Surabaya
  • Munoto Munoto Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Budi Santosa Universitas Negeri Surabaya
  • Lilik Anifah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dasar listrik dan elektronika merupakan mata pelajaran dasar bagi siswa kelas X. Pembuatan media pembelajaran ini berfungsi untuk memudahkan guru dan siswa ketika melakukan proses pembelajaran. Dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin canggih peran guru selaku pendidik diharuskan mempunyai kreativitas lebih ketika memilih media alternatif untuk berlangsungnya proses pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik dapat lebih menguasai dan mengerti materi yang akan diberikan. Dengan adanya media ini belajar akan lebih mudah dan menghemat waktu, siswa akan belajar mandiri dan meningkatkan minat belajar karena media ini disertai gambar, teks dan video yang menarik. Fungsi media pembelajaran sendiri yaitu untuk meningkatkan kualitas belajar pada saat pembelajaran untuk mempertinggi nilai belajar peserta didik. Manfaat dari media pembelajaran sendiri yaitu untuk menyajikan materi yang jelas dan tidak bersifat verbalitas, mempersingkat waktu pembelajaran, daya indera dan ruang, semakin menarik dan beragam media yang digunakan dapat mencegah sikap siswa yang terkadang sulit untuk mengungkapkan perasaan dan bantuan bantuan orang-orang, penyampaian materi oleh guru lebih jelas dan lebih mudah.

Published
2021-09-30
How to Cite
Izza, N., Munoto, M., Santosa, A., & Anifah, L. (2021). STUDI LITERATUR PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MAPEL DASAR LISTRIK ELEKTRONIKA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(02), 188-193. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n02.p188-193
Abstract Views: 149
PDF Downloads: 247