PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN RANGKAIAN LISTRIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

  • Rendhy Satria Pradana Teknik Elektro FT Unesa
  • Joko . . Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pengelolaan pembelajaran, bagaimana pengaruh terhadap hasil belajar, serta bagaimana aktivitas siswa dalam model PBI dengan pendekatan SETS pada kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, yang dilakukan di SMK Trisakti Pasuruan, pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest-posttest untuk ranah kognitif siswa dan lembar-lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, keterampilan afektif dan psikomotor, serta aktivitas siswa. Analisis data pretest-posttest menggunakan uji-t, sedangkan lembar-lembar pengamatan dikonversikan dan ditafsirkan untuk selanjutnya diambil kesimpulan.

Dari data dan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 3,10. Penerapan model PBI dengan pendekatan SETS berpengaruh positif pada hasil belajar siswa, didasarkan pada hasil thitung lebih kecil daripada ttabel (-8,67 < -2,03) dan kenaikan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 9,14. Selain itu juga ditunjukkan hasil belajar ranah kognitif mencapai nilai akhir dengan rata-rata kelas 80,65 pada kategori baik; hasil belajar ranah afektif mencapai nilai rata-rata 80,41 pada kategori baik untuk ranah keterampilan sosial siswa dan nilai rata-rata 79,29 pada kategori baik untuk ranah perilaku berkarakter siswa; serta hasil belajar ranah psikomotor mencapai nilai rata-rata 79,98 pada kategori baik. Selama mengikuti pembelajaran siswa aktif. Aktivitas siswa yang dominan adalah pada aspek melakukan percobaan dan mencatat hasil percobaan dengan nilai persentase 16,96%; siswa berdiskusi atau tanya jawab antar siswa dan guru dengan persentase nilai 14,8%; dan siswa menanggapi hasil karya kelompok lain dengan persentase nilai 12,17%. Sedangkan aktivitas paling rendah adalah tingkah laku siswa yang tidak relevan dalam mengikuti pembelajaran dengan persentase nilai 2,68%.

Kata kunci : problem based instruction, pendekatan SETS, pengelolaan pembelajaran, hasil belajar, dan aktivitas siswa.

Abstract

This research describes how the management of learning, how influence to the learning outcomes, and how student activity of PBI models with SETS approach for competence of electrical circuit application.

This research uses experimental research methods that was conducted at SMK Trisakti Pasuruan, in the X class of power plant engineering expertise programs. Data collection technique using a pretest-posttest questions for student cognitive and observation sheets of management learning, affective and psychomotor skills, as well as student activities. Analysis for the pretest-posttest questions uses the t-test, whereas the observation sheets are converted and interpreted to be concluded later.

From the research data and analysis, show that the result of learning management is at good categories with an average value of 3.10. Implementation of the PBI models with SETS approach have a positive effect to the student learning outcomes, based on the result of tcount is smaller than ttable (-8.67 < -2.03) and an increase in the average value of the pretest and posttest was 9.14. It also demonstrated that result of cognitive learning outcomes achieve with the average final value of 80.65 at good categories; affective learning outcomes reached at good categories with an average value of 80.41 for character behavior of students; as well as the pshychomotor learning outcomes results reached an average value of 79.98 at good categories. The students are active during the learning. Student activity result whose dominant is the aspect of do and record the experiment with a percentage value of 16.96%; student discussion or question and answer between students and teacher with a percentage value of 14.8% and student response of the other groups works with a percentage value of 12.17%. Whereas the lowest activity was the behavior of student that are not relevant in the following learning with percentage value of 2.68%.

Keywords: Problem Based Instruction, SETS approach, learning management, learning outcomes, and student activity.

Author Biographies

Rendhy Satria Pradana, Teknik Elektro FT Unesa
Teknik Elektro FT Unesa
Joko . ., Teknik Elektro FT Unesa
Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Pradana, R., & ., J. (2013). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN RANGKAIAN LISTRIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 10