PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI SMKN 1 SIDOARJO

  • Hanif Fanani . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • J. A. Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan teknik pembelajaran  kooperatif tipe time token arends dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada mata diklat menerapkan dasar – dasar kelistrikan.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian “Quasi Experimental Design dengan jenis rancangannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video sebanyak 2 kelas yaitu kelas X TAV1 dan X TAV2 yang masing-masing kelas terdiri atas 36 siswa. Perangkat pembelajaran dalam peneletian ini terdiri dari Silabus, RPP dan  Modul. Kemudian untuk instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar (soal pretest dan postest) dan lembar pengamatan keterampilan sosial siswa. Untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian digunakan rumus V dari AIKEN. Instrumen penelitian yang dipakai dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterampilan sosial siswa dan tes hasil belajar dasar-dasar kelistrikan. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan tes hasil belajar dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan kriteria validitas nilai V dari aiken mempunyai nilai v ≥ 0,70. kemudian teknik analisis data hasil belajar siswa untuk pretest yang digunakan adalah Uji-T dua pihak dengan taraf signifikan 5% sedangkan untuk hasil belajar siswa untuk postest yang digunakan adalah uji-T satu pihak dengan taraf signifikansi 5%

Hasil validasi menunjukkan nilai validitas RPP adalah 0,81 termasuk dalam kriteria validitas yang valid, nilai validitas Modul adalah 0,78 termasuk dalam kriteria validitas yang valid, nilai validitas butir soal (Soal Pretest dan Postest) adalah 0,71 termasuk dalam kriteria validitas yang valid, dan nilai validitas untuk lembar pengamatan keterampilan sosial siswa adalah 0,72 termasuk dalam kriteria validitas yang valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian tersebut layak digunakan. hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan yaitu dengan membandingkan ttest dan tTabel pada analisis postest, Diketahui ttest sebesar 6,783 dan ttabel = t(1-α) = t(1-0,05) = t(0,95) dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 -2 = 70. Nilai ttabel adalah 1,67. Maka nilai ttest >  nilai ttabel dengan tingkat signifikansi sebesar 5 %. Sehingga dapat disimpulkan H0 di tolak dan H1 terima, yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan teknik Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token Arends secara signifikan lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division).

Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, kooperatif tipe time token arends, Hasil belajar.

.

Abstract

This study aims to determine learning outcomes and social skills of students using cooperative learning techniques based on Time Token Arends type compared with learning outcomes using cooperative learning techniques based on STAD (Student Team Achievement Division) type on the basic competence of electricity.

The design of this research study is "Quasi Experimental Design” with the specific type of design is Nonequivalent Control Group Design. Population and samples in this study were all students of class X Audio Video Engineering Skills Program with 2 classes, each of class is X-TAV1 and X-TAV2, each class consists of 36 students. Instrument in this research consists of lesson plans, modules, achievement test (pretest and posttest questions), and student social skills observation sheet. To test the validity of the research instrument used AIKEN formula. The research instrument that used for data collection in this study was the students social skills observation sheet and learning outcomes test. To determine the accuracy and validity of the achievement test, the instrument must require test of the validity and reliability with sort of criteria of validity from index V from AIKEN outcome  above v ≥ 0,70. after that, analysis of the data techniques for student learning outcomes which first time test which used pretest questions is using 2-tailed sample T-test with significance level of 5%, while for student learning outcomes for the second time test which used  posttest questions is using one sample T-test with a significance level of 5%

The results of instrument validity it can be seen that the value of the validity of the lesson plan instrument was 0.81 which in the criteria of validity is very high, the value of the validity of the module instrument was 0.78 which in the criteria of validity is valid, the value of the validity of the pretest and postest questions instrument was 0.71 which in the criteria of validity is valid, and the value of the validity for students' social skills observation checklist was 0.72 which in the criteria of validity is valid. So it can be concluded that the research instrument is proper for use in research. The result of research and discussion can be concluded by comparing t-test and t-table at posttest analysis, t-test known for t-table = 6.783 and t (1-α) = t (1-.05) = t (0.95) with degrees of freedom (df ) = n1 + n2 -2 = 70, t-table value is 1.67. The value of t-test > value of t-table with a significance level of 5%. Therefore we can conclude H0 is rejected and H1 accepted, the student learning outcomes using this Cooperative Learning technique based on Time Token Arends type significantly better than students using cooperative learning technique based on STAD type (Student Team Achievement Division).

Keywords: cooperative learning model, cooperative learning with time token arends type, learning outcomes

Author Biographies

Hanif Fanani ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
J. A. Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
., H., & Pramukantoro, J. (2013). PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI SMKN 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 89