PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR – DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

  • Fajar Bunaya Mubarok Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil balajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Langsung dengan strategi resitasi lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Langsung pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar teknik digital, juga untuk mengetahui kemampuan komunikasi verbal yang dilakukan siswa pada saat mempresentasikan tugas. penelitian ini menggunakan penelitian pre-experimental dengan desain rancangannya adalah static-group comparasion. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Elektronika Industri sebanyak 2 kelas yaitu X EI 1 dan X EI 2 yang masing – masing kelas terdiri dari 36 siswa. Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar dan LKS, untuk instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar yang berupa soal posttest dan lembar pengamatan komunikasi verbal siswa.untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian digunakan rumus V dari Aiken. Instrumen penelitian yang dipakai dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan komunikasi verbal siswa dan tes hasil belajar menerapkan dasar-dasar teknik digital. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan tes hasil belajar dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan kriteria validitas nilai V dari Aiken mempunyai nilai sebesar V ≥ 0.70, kemudian analisis data hasil belajar siswa menggunakan Uji-T satu pihak dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil validitas menunjukkan nilai validitas RPP sebesar 0.78 termasuk dalam kriteria validitas valid, nilai validitas bahan ajar menunjukkan nilai sebesar 0.77 termasuk dalam kriteria validitas valid, nilai validitas butir soal menunjukkan nilai sebesar 0.75 yang termasuk dalam kriteria validitas valid dan untuk nilai validitas soal posttest menunjukkan nilai sebesar 0.78 yang termasuk dalam kriteria valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian layak digunakan. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan yaitu dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel pada hasil posttest, diperoleh thitung sebesar 6.281 dan ttabel sebesar 1.67 maka nilai thitung > ttabel dengan tingkat signifikansi sebesar 5% maka disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu hasil belajar siswa dengan Model Pembalajaran Langsung dengan strategi resitasi lebih baik daripada Model Pembeljaaran Langsung saja.

Kata kunci : pre-experimental, static group comaparsion, Model Pembelajaran Langsung, Strategi resitasi, Hasil Belajar.

 

 

Abstract

 

This study aims to determine the results of student study use Direct Learning Model with recitation strategy is better than learning outcomes of students with Direct Learning Model on competency standards applying basics of digital techniques, and the verbal communication skills of the student when presenting their works. This study uses pre-experimental research design with static-group comparison design. Population and samples in this study were all students of class X Electronics Industry Skills Program classes are 2 class X EI 1 and X EI 2 that each class consists of 36 students. Learning device in this study consists of syllabi, lesson plans, teaching materials and worksheets, for this research instrument is in the form of test results to learn about the posttest and verbal communication student’s observation sheet. For determine the validity of the study and research instruments used formula V of Aiken. The research instrument used for data collection in this study was the observation sheet and verbal communication student achievement test applies the principles of digital techniques. To determine the accuracy and validity of the achievement test to test the validity and reliability of the criterion validity of the Aiken has the value V of V values ​​≥ 0.70, then the data analysis of student learning outcomes using Test-T one party with a significance level of 5%. Validity of the results showed the validity of the lesson plan value of 0.78 is included in the valid criterion validity, the validity of teaching materials showed a value of 0.77 is included in the valid criterion validity, validity value items showed a value of 0.75 is included in the valid criterion validity and to question the validity of the posttest values ​​indicate the value of 0.78 which is included in the valid criterion. It can be concluded that the device is well worth learning and research instruments used. The results and discussion can be concluded that by comparing t count with t table at posttest results, obtained amounted to 6,281 t count and t table at 1.67 then the value t count > t table with a significance level of 5%, we conclude H 0 is rejected and H 1 accepted, the student learning outcomes with Direct Learning Model with recitation strategy better than just Direct Learning Model.

Keywords: pre-experimental, static group comparison, Direct Learning Models, Recitation strategy, Learning Outcomes.

Author Biography

Fajar Bunaya Mubarok, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-13
How to Cite
Mubarok, F. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR – DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 63