PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENAFSIRKAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Ardiansyah Surya Pratama Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Supari Muslim . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here (MPKEIATH) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif (MPK), dan (2) mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa yang dibelajarkan menggunakan MPKEIATH dengan keterampilan sosial siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan MPK.

Metode penelitian yang digunakan quasi experimental design dengan rancangan penelitian “Non-Equivalent Control Group Pre-Test Post-Test”. Subyek penelitian siswa kelas X ITL Progam keahlian (Progli) Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Surabaya, kelas X ITL 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X ITL 2 sebagai kelompok  kontrol. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa digunakan teknik analisis data dengan uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan MPKEIATH dengan rata-rata 86,44 lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model MPK dengan rata-rata 83,78 pada taraf signifikansi 5%; dan (2) keterampilan sosial siswa yang dibelajarkan menggunakan MPKEIATH dengan rata-rata 73,94 lebih tinggi secara signifikan dibandingkan keterampilan sosial siswa yang menggunakan MPK  dengan rata-rata 71,94.

Kata kunci: Model pembelajaran, kooperatif, tipe Everyone Is A Teacher Here, hasil belajar, dan keterampilan sosial.

 

 

ABSTRACT

This research aims to: (1) gain the information difference learning outcomes of students who are taught using cooperative learning models everyone is a teacher here (MPKEIATH) compared with learning outcomes of students who are taught using cooperative learning model (MPK), and (2) gain the information difference social skills of students who are taught using MPKEIATH compared with social skills of students who are taught using MPK.

The research method used is a quasi experimentaldesign with “Non-Equivalent Control Group Pre-Test Post-Test”. This research subject is students class X ITL skills program (Progli) Installation of Electric Power Engineering (TITL) State Vocational High School (SMKN) 2 Surabaya, class X ITL 1 for the experimental class and class X ITL 2 for the control class in SMK Negeri 2 Surabaya. While to know the differences in the results of their study and social skills of students used data analysis techniques t-test.

The results showed that: (1) learning outcomes of students that uses MPKEIATH with an average 86,44 is significantly higher compared with learning outcomes of students that uses MPK with an average 83,78 at significance level 5%; and (2) social skills of students that uses MPKEIATH with an average 73,94 is significantly higher compare with social skills of students that uses MPK with an average 71,94.

Keywords: Learning models, Cooperative, type Everyone Is A Teacher Here, learning outcomes, and student social skills.

Author Biographies

Ardiansyah Surya Pratama, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Supari Muslim ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Pratama, A., & ., S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENAFSIRKAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 78